Pengertian Framework .NET

 

Framework .NET adalah suatu komponen windows yang terintegrasi dan dibuat dengan tujuan untuk mensupport pengembangan berbagai macam jenis aplikasi serta untuk dapat menjalankan berbagai macam aplikasi generasi mendatang.

 

Tujuan dari Framework .NET adalah :

–          Untuk menyediakan environment kerja yang konsisten bagi bahasa pemrograman yang berorientasi objek baik kode bjek itu di simpan dan di eksekusi secara lokal.

–          Untuk menyediakan environment kerja di dalam mengeksekusi kode yang dapat meminimalisasi proses software deployment dan menghindari konflik penggunaan versi software yang di buat.

–          Untuk menyediakan environment kerja yang aman dalam hal pengeksekusian kode, termasuk kode yang dibuat oleh pihal ketiga (third party)

–          Dll

 

Sebagai salah satu sarana untuk dapat memenuhi tujuan di atas, maka dibuat berbagai mcam bahasa pemrograman yang dapat digunakan dan dapat berjalan di atas platform Framework .NET seperti bahasa C#, VB.NET, J#, Perl.NET, dll.

 

Arsitektur Framework .NET

 

Framework .NET terdiri dari dua buah komponen utama, yaitu common Language Runtime (CLR) dan .NET Framework Class Library/Base Class Library (BCL).

 

Common Language Runtime (CLR) adalah pondasi utama dari Framework .NET. CLR merupakan komponen yang bertanggung jawab dalam managemen memory, melakukan eksekusi kode, melakukan verifikasi terhadap keamanan kode, dll. Dengan adanya fungsi CLR ini, maka aplikasi berbasis .NET biasanya juga disebut dengan managed code, sedangkan aplikasi diluar itu biasanya disebut dengan un-managed code.

 

Beberapa hal yang disediakan CLR bagi developer :

–          Dapat lebih menyederhanakan proses pengembangan aplikasi

–          Memungkinkan adanya variasi dan integrasi dari berbagai bahasa pemrograman yang ada di lingkungan Framework .NET

–          Kemanan dengan melakukan identing pada kode aplikasi

–          Bersifat assembly pada saat proses deployment / kompilasi

–          Dll

 

CLR akan melakukan kompilasi kode-kode aplikasi kita menjadi bahsa assembly MSIL (Microsoft Intermediate Language). Proses kompilasi ini sendiri dilakukan oleh komponen yang bernama Just In Time (JIT).

 

.NET Framework Class Library /Base Case Library (BCL) adalah koleksi dari reusable types yang sangat terintegrasi secara melekat dengan CLR. Class library bersifat berorientasi terhadap objek yang akan menyediakan types dari fungsi-fungsi managed code.

 

Kita bisa menggunakan Framework .NET untuk membuat berbagai macam aplikasi dengan adanya BCL, diantaranya :

–          Aplikasi console

–          Aplikasi berbasis windowd (windows form)

–          Aplikasi ASP.NET (berbasis web)

–          Aplikasi Web Services XML

–          Aplikasi berbasis windows services

 

Keuntungan Framework .NET

–          Mudah

–          Efisien

–          Konsisten

–          Produktivitas

Advertisements